Pantai Ngrenehan

    Pantai Ngrenehan

    Pantai Ngrenehan, adalah pantai yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, tepatnya di Gunungkidul, Yogyakarta.

    pantai nelayan


    Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang mana terdapat banyak pantai yang mengelilingi pulaunya.

    Contoh saja daerah Yogyakarta, ada banyak sekali pantai yang menghiasi kota Gudeg ini tepatnya di daerah Bantul dan Gunungkidul.

    Maka dari itu, Yogyakarta tak hanya dikenal dengan wisata candi prambanan saja, akan tetapi wisata alam berupa pantai juga ada.

    Salah satu pantai di Yogyakarta yang sering dikunjungi adalah pantai Ngrenehan, sebuah pantai yang terletak di desa Kanigoro yang berada di sebuah lekukan perbukitan Gunungkidul.

    Seakan-akan pantai ini berada di tempat yang tersembunyi dibalik pepohonan yang tumbuh subuh di wilayah perbukitan.


    Untuk masyarakat daerah sekitar, sebagian besar bekerja sebagai Nelayan, maka dari itu pantai ini sering di sebut sebagai pantai Nelayan.

    Karena aktivitas kesibukan yang di jalani oleh para nelayan mulai dari mempersiapkan perahu, jala, dan peralatan lainnya menjadi pemandangan tersendiri.

    Bahkan pengunjung dapat secara langsung membeli ikan dari nelayan yang menepi ke pantai.


    Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan


    Pantai ini juga di sebut dalam sebuah sejarah yang mana merupakan pantai pemberian seorang Raja Demak bernama Raden Fatah.

    Dimana memiliki banyak keunggulan dan objek wisata yang berbeda, segala keindahannya dapat dinikmati dengan hanya membayar tiket masuk yang bisa dibilang sangat terjangkau.

    Untuk wilayah wisata di daerah pantai ngrenehan ini kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,-/orang dan untuk biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000,- hingga Rp 10.000,-/kendaraan.

    Liburan pun tak harus mahal untuk bisa mendapatkan momen yang menyenangkan dan mendapatkan keindahan di pantai Ngrenehan.



    Rute Perjalanan Menuju Pantai Ngrenehan


    Untuk kamu yang bertempat tinggal di daerah Yogyakarta pasti akan mudah mengenal rute-rute untuk menuju pantai Ngrenehan.

    Namun berbeda dengan para wisatawan atau traveller dari luar kota bahkan mancanegara, sehingga kamu membutuhkan informasi seputar rute perjalanan untuk menuju ke pantai Ngrenehan.

    Dahulu untuk mengakses dan menikmati keindahan pantai di Gunungkidul terdapat sedikit kendala dalam mengaksesnya, sehingga sulit dan belum selancar saat ini.

    Namun saat ini kamu dapat menuju pantai Ngrenehan dengan mudah dan lancar, sebab jalan sudah dibangun dan diperbaiki, selain mudah dalam mengakses nya, rute yang tersedia juga bisa dipahami dengan cepat.

    Rute nya dimulai dari Kota Yogyakarta, dan lakukan perjalanan menuju ke arah Piyungan, Kabupaten Bantul, setelah di Piyungan, silahkan melaku ke daerah Pathuk dan dilanjut ke Sambipitu.

    Tidak jauh dari sana, silahkan lanjutkan perjalanan hingga menemukan lapangan terbang dengan tanda yang bertuliskan Gading, kemudian melaju terus hingga menemui simpang tiga.

    Silahkan ambil arah yang menuju Playen, berikutnya dari Playen silahkan menuju ke Paliyan dan Pasar Trowono.

    Setibanya di Trowono, silahkan langsung menuju ke desa Kanigoro, berikutnya kamu akan segera tiba di lokasi penarikan retribusi atau tempat pembelian tiket masuk ke pantai.

    Dan lakukan pembayaran untuk memasuki wilayah pantai, jadi satu tiket bisa digunakan untuk mengunjungi banyak area pantai.

    Setelah membayar area retribusi, silahkan lanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Nelayan atau Ngrenehan.

    Perjalanan ini bisa dilakukan dengan menggunakan motor ataupun mobil, sempatkan juga untuk mengunjungi pantai lain di sisa waktu liburan kamu, agar liburan kamu lebih berkesan.

    Untuk lebih jelasnya mengenai rute pantai Ngrenehan, kamu dapat melihat peta berikut ini:

    Obyek Wisata Pantai Ngrenehan


    Pantai Ngrenehan memang tidak seterkenal dan seramai pantai Parangtritis, Nglambor, Parangkusumo, dan lainnya.

    Akan tetapi, siapa sangka jika keindahan yang dimiliki oleh pantai Ngrenehan ternyata tidak kalah menakjubkan dari pantai-pantai lain yang berada di kota Yogyakarta.

    Terdapat banyak obyek wisata yang bisa dinikmati di area pantai Ngrenehan, seperti:

    1. Spot Foto yang Indah


    pantai nelayan


    Liburan seakan-akan terasa tidak lengkap jika tidak disertai dengan foto sambil menikmati pemandangan yang ada.

    Maka dari itu, tidak jarang dari wisatawan membawa kamera lengkap, atau menggunakan smartphone untuk mengabadikan momen indah yang bisa dinikmati di pantai Ngrenehan ini.

    Apalagi saat kamu mengunjungi pantai pada hari yang cerah, tentunya akan semakin menambah keelokan panorama untuk diabadikan dalam sebuah jepretan.

    Destinasi wisata yang satu ini kerap sekali dijadikan sebagai tempat untuk pra-wedding, atau pemrotetan tahunan para siswa SMP dan SMA, karena spot foto nya yang indah.


    2. Bukit Karang


    pantai ngrenehan


    Di pantai Ngrenehan, kamu akan mendapati sebuah bukit yang unik dan menarik, pasalnya bukit ini dipenuhi dengan cangkang dan kerang-kerang khas laut.

    Sudah pasti akan membuat kamu tidak menyesal telah berwisata di pantai Ngrenehan bahkan ingin menginjakkan kali kembali di pantai ini.


    3. Panorama Teluk yang Cekung


    pantai ngrenehan


    Pantai yang terletak di Gunungkidul ini sebenarnya berada pada lekukan teluk, kondisi geografisnya yang indah, dimana dikelilingi oleh perbukitan dan karang-karang, membuat siapa saja yang telah berkunjung, ingin mengunjunginya lagi.

    Panorama ini tentu menakjubkan dan unik, dibandingkan dengan pantai lainnya, terlebih lagi apabila melihatnya dari atas menggunakan kamera drone, maka akan terlihat sangat jelas keindahan dan keunikan dari pantai Ngrenehan ini.


    4. Wisata Berenang di Pantai


    pantai ngrenehan



    Dengan posisi pantai yang dikelilingi oleh cekungan perbukitan yang serupa dengan teluk, membuat pantai ini memiliki ombak yang rendah.

    Dengan kata lain ombak yang mampir ke pantai Ngrenehan tidak besar, dan cenderung kecil, selain itu dataran di pinggiran pantai yang lumayan landai membuat pantai ini cocok untuk tempat berwisata anak-anak yang ingin berenang di pinggiran pantai.


    5. Wisata Budaya Pantai Ngrenehan


    Selain obyek wisata yang sudah disebutkan diatas, terdapat juga kegiatan kebudayaan seperti upacara adat yang dilakukan di pantai Ngrenehan.

    Sambil menikmati pemandangan di wilayah pantai Ngrenehan, kamu juga bisa melihat kegiatan tradisional yang mistis dari budaya lokal.

    Untuk dapat melihat kegiatan tersebut, disarankan datang mengunjungi pantai ini pada saat bulan purnama, terutama ketika terdapat perayaan hari raya nyepi, atau kamu juga dapat datang ketika sore hari sambil menikmati keindahan langit senja.


    Setelah mengetahui berbagai macam obyek wisata yang ada di Pantai Ngrenehan dengan berbagai keindahannya dimana dapat dinikmati oleh para pengunjungnya, pastinya kamu sudah tidak sabar mengunjungi pantai di kota Tugu ini.

    Jangan ragu untuk datang dan berwisata seru di sana, apalagi dengan mengajak saudara, ataupun orang tercinta, di jamin liburan akan lebih menyenangkan dan sangat berkesan.



    Latest posts