Meningkatkan Penjualan Online

    Meningkatkan Penjualan Online

    Apa itu penjualan online ? Berikut pengertian penjualan online menurut para ahli :

    • El-Ghohary : Penjualan atau pemasaran online adalah praktek pemasaran baru dan modern yang melibatkan pemasaran barang, jasa, informasi, dan ide melalui internet dan elektronik lainnya. 
    • Mohammed, et al : Penjualan online adalah sebuah proses untuk membangun hubungan dengan pelanggan melalui kegiatan secara online sebagai sarana pertukaran pendapat, barang, atau jasa sehingga dapat mencapai tujuan bersama kedua kelompok. 

    Pernah galau karena produk kamu sepi pembeli ?

    Kalau sudah sepi pasti bingung karena modal tidak kembali, sehingga uang untuk penjualan berikutnya tidak mencukupi.

    Meningkatkan Penjualan Online

    Dan akhirnya lambat laun merasa putus asa dan menyerah.

    Jangan Dulu !! Bagaimana caranya ??

    Mari simak deh artikel berikut ini.


    Coba mulai sekarang kamu kaji lagi apa yang salah dari cara penjualan online mu. Setelah itu kembangkan sebuah ide kreatif untuk meningkatkan penjualan online produk kamu.

    Sudah ketemu Ide Kreatifnya ? Yang harus kamu siapkan adalah action plan. Apa sih action plan itu ?

    Lalu bisakah action plan meningkatkan penjualan online ?

    Oke kita jabarkan satu per satu.

    Action Plan adalah sebuah inovasi baru yang dibuat untuk menutupi sebuah kelemahan yang ada pada sistem sebelumnya. 

    Nah dari Ide kreatif yang kamu miliki, cobalah kamu buat sebuah action plan yang bisa menutupi kelemahan sistem penjualan online mu yang dulu. Jadi Action Plan bisa juga di sebut dengan strategi pemasaran.

    Nah jelas kan kalau action plan ini sebuah strategi bukan jadwal rutin keseharian pekerjaan ya...


    Meningkatkan Penjualan Online


    Apa saja strategi pemasaran yang bisa di terapkan untuk meningkatkan penjualan Online ?


    1. Buatlah Produk yang Berkualitas



    Produk yang berkualitas itu sangatlah penting, ini untuk kelangsungkan bisnis kamu, ketika produk yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang baik, ini akan memancing pelanggan lama untuk membeli kembali produkmu dan pastinya ini juga akan bisa menarik pelanggan baru. 

    Kualitas produk merupakan penilaian penting bagi seorang customer apakah dia akan membeli atau tidak apalagi jika produk kamu adalah produk makanan ini harus diperhatikan baik-baik. Kalau kualitas produk ini sudah kamu dapatkan tidak ada kata susah untuk mendapatkan pelanggan dan bahkan kamu bisa dengan nyaman menaikkan harga produkmu.

    Lalu bagaimana menciptakan produk yang berkualitas ?


    a. Kenali Pelanggan


    Mengenali pelanggan mu merupakan kegiatan yang harus dilakukan juga, pernah mendengar istilah 'pelanggan adalah raja' ? Pasti pernah kan, Raja akan senang jika mendapatkan pelayanan yang baik. Sama halnya dengan pelanggan, mereka akan senang jika mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah. Nah dari cara riset pasar kamu juga bisa melakukan riset konsumen untuk mengenali pelanggan kamu.

    Mulailah dengan mengumpulkan data tentang pelanggan kamu kemudian lakukan analisis secara sistematis. Hal ini juga bisa nih untuk mengembangkan bisnis mu di kemudian hari dengan menampung dan menganalisa masukan-masukan dari pelanggan mu.

    b. Riset Pasar


    Dengan melakukan riset pasar kamu bisa menentukan produk kamu akan terdistribusi kemana saja, kamu juga bisa melakukan analisa luar pasar, potensi produk kamu terjual, dan menaksir permintaan produk, serta masih banyak lagi, yang harus kamu siapkan adalah membuat sebuah rumusan masalah, kamu juga harus menentukan design riset, metode pengumpulan riset yang kamu lakukan, merancang sample dan pengumpulan data, analisis dan interpretasi dan data, serta menyusun laporan riset yang dilakukan.

    c. Tahapan Marketing


    Langkah marketing ini ada tiga yaitu : 1. Segmentasi, 2. Targeting, 3. Positioning.

    • Segmentasi : Tahap segmentasi merupakan tahap memilah, mengelompokkan, dan mendiagnosa sistem yang sudah ada, sehingga melahirkan inovasi baru sesuai kesepakatan bersama. 
    • Targeting : Tahap ini adalah menyeleksi target pasar yang ada sehingga mencapai target yang di tentukan dengan cara memilah berdasarkan keunggulan, pertumbuhan, situasi persaingan dan ukuran pasar. 
    • Positioning : Merupakan langkah untuk menguak, memahami, serta mempelajari kondisi emosional para konsumen terhadap produk yang di tawarkan. 


    cara Meningkatkan Penjualan Online


    2. Tentukan Strategi Harga


    Pelanggan yang akan membeli sebuah produk pasti akan melihat dari segi harga, apakah produk tersebut layak untuk di beli dengan harga tersebut. 

    Karena saat ini para customer tidak hanya melihat dari harga produk yang rendah saja, namun mulai memperhatikan nilai dari produk tersebut. Sehingga untuk memberikan harga harus menyesuaikan dengan produk yang di tawarkan. Dengan langkah ini kamu bisa menentekukan strategi harga untuk meningkatkan penjualan onlinemu.

    a. Strategi Harga Produk Baru


    Adalah Sebuah langkah penetapan harga untuk meraup pasar dan cara untuk penetrasi pasar. Pilihlah harga yang sesuai untuk produk barumu sehingga mampu menarik para calon customer untuk membeli produk.

    b. Strategi Harga Bauran Produk


    Yaitu menetapkan harga berdasarkan produk terkait, lini produk, produk sampingan dan paket produk. Dengan melihat pasar yang ada berdasarkan hal tersebut, kamu bisa menganalisa harga yang pas untuk produk mu melalui hal tersebut.

    c. Strategi Perubahan Harga


    Dengan berubahnya bidang perekonomian, berubah pula harga setiap produk atau jasa, dari sinilah kamu akan melihat reaksi para pelanggan mu akan kenaikan harga produkmu. Maka siapkan produk yang berkualitas sehingga mampu mengikuti alur perubahan harga pasar.

    d. Strategi Harga Penyesuaian


    Merupakan strategi menerapkan harga berdasarkan harga untuk promosi, geografik, serta diskon dan pengurangan, melalui strategi ini kamu bisa membuat harga diskon untuk produk mu dengan tepat sehingga bisa mengundang para customer untuk menikmati produkmu.

    3. Promosikan Produk


    Hal yang lazim bagi seorang wirausaha mempromosikan produknya, ini merupakan kategori cara yang tidak bisa di tinggalkan oleh para pelaku bisnis. 

    Sekarang sudah banyak sekali cara mempromosikan produk. Salah satunya kamu bisa menggunakan media social, atau kamu juga bisa membuat blog untuk mempromosikan bisnis mu. Tidak hanya media social saja yang memiliki manfaat untuk bisnis onlinemu, ternyata blog juga mampu meningkatkan penjualan online produkmu. Ada banyak sekali manfaat blog untuk bisnis online.

    Mari kita mulai dari Strategi promosi melalui media social

    a. Strategi Marketing Instagram


    Bagaimana cara meraup customer melalui instagram ? bagaimana cara berjualan di instagram untuk pemula ? Kuncinya adalah satu saja yaitu pemilihan gambar dan feed instagram online shop yang keren dan tertata.

    Kamu juga tidak harus terus menerus memposting produkmu, berikan selingan dengan post motivasi, atau tutorial-tutorial, berikan informasi yang bermanfaat untuk para followers instagrammu. Karena Instagram mengedepankan konsep konten yang visual, yang indah dan menarik untuk di lihat. Jadi buatlah post-post photo atau video dengan kualitas yang bagus.  Lalu bagaimana caranya kunci tersebut menjadi strategi pemasaran yang efektif ? Untuk itulah cara ini di jabarkan sehingga bisa di terapkan

    #Buat Akun Instagram Khusus Untuk Produk


    Dengan cara ini kamu bisa membangun feed dan post yang sesuai dengan tema produkmu, sehingga kamu bisa lebih fokus dan lebih baik dalam mendapatkan interaksi para followers.

    #Rutin Membuat Konten Post Menarik


    Untuk menjaga hubungan dengan para followers, kamu setidaknya memiliki 1 post perhari di instagram. Jangan biarkan instagram mu tidak beraktivitas. Ini lah yang membuat para followers mu meninggalkan akunmu. Dalam membuat post instagram sebaiknya perhatikan kualitas visualnya, sehingga ini bisa menarik para followers baru untuk mengikuti akun instagram bisnis mu.

    Seperti yang sudah di ketik di atas tadi, tidak harus kok kamu memposting setiap hari produk kamu, kamu juga bisa membuat postingan lainnya seperti sebuah quote penyemangat, atau konten-konten bermanfaat lainnya.

    #Gunakan Hashtag di Setiap Post


    Jangan pernah meremehkan kekuatan hashtag friend. Ternyata dari hashtag inilah post kamu bisa lebih luas dalam menjangkau orang-orang sehingga membuat produk mu semakin dikenal tentunya.

    Pakailah hashtag - hashtag popuper dari sini kamu bisa juga mendapatkan followers baru, yang bisa juga menjadi pelanggan barumu.

    Buat juga hashtag unik untuk postingan produkmu. Sehingga memudahkan orang untuk menemukan produk-produk mu di instagram.

    #Buat Promo Menarik


    Sekarang ini Instagram memiliki berbagai macam fitur yang bisa kamu gunakan. Mulai dari Insta Story, Instagram ads, Sticker, gif, dan masih banyak yang lainnya.

    Dengan menggunakan feature ini kamu bisa nih menunjang promosi produk mu, contoh dengan menggunakan Instagram Ads, ini merupakan cara promosi melalui paid promo, dengan membayar ke instagram untuk mempromosikan post produk kamu, Instagram akan membuat produk kamu dijangkau banyak orang.

    Namun disini kamu harus menguasai dulu bagaimana cara beriklan dengan benar, salah satunya adalah kamu harus siapkan postingan yang keren, dan itu bisa menarik orang - orang untuk mencoba produk mu, coba kamu buat promo penari dengan produk mu.

    Atau selain Instagram Ads kamu juga bisa menggunakan instastory, namun untuk jangkauan ya kamu harus pintar dalam merangkai kata, menggunakan hashtag, dan jangan di gembok akun instagramnya. sehingga walau tidak memfollow akun mu insta story tetap bisa dilihat.

    #Endorsement


    Apa itu endorsement ? Sering kita mendengar kata tersebut, apa sih artinya? Lalu apa sih maksudnya endorse di ig ? erdorsement adalah tindakan yang mendukung atau setuju terhadap sesuatu.

    Endorse di Instagram sudah tidak asing lagi, orang menyewa influencer untuk melakukan endorse barang. ketika kamu menggunakan cara ini, maka kamu harus membayar influencer tersebut.

    Ini adalah salah satu alternatif cara untuk menggaet followers. Apalagi jika yang mengendorse adalah seorang artis atau public figure terkenal.


    b. Strategi Marketing Facebook


    Hampir sama dengan Instagram, Facebook juga memiliki banyak fitur untuk ladang promosi.

    Salah satu nya adalah Fanspage, dengan sebuah halaman khusus ini bisa menjadi tempat kamu memposting produk-produkmu.

    Buatlah sebuah postingan yang mengundang orang untuk melakukan like pada page mu. Berikut cara untuk meningkatkan penjualan online melalui facebook.

    #Buat Halaman Facebook Untuk Produkmu


    Halaman facebook ini berguna untuk mu, kamu bisa melakukan promosi produk melalui page tersebut. syaratnya kamu harus aktif di facebook. kamu harus mengundang orang untuk menyukai page kamu.

    #Gunakan Facebook Ads


    Merasa kurang akan jangkauan yang di dapat ? Gunakan paid promote facebook yaitu facebook ads.

    Kamu akan di suruh untuk membayar setiap postingan yang kamu iklankan mendapat klik, ini merupakan jejaring iklan jenis cpc. Jadi ketika post iklan kamu tidak di klik maka kamu tidak harus membayar.

    Dalam Menggunakan Facebook Ads ini tidak sembarangan, ini malah akan memperburuk keuangan mu jika kamu sembarangan beriklan dengan paid promote. Jadi pelajarilah terlebih dahulu cara menggunakan facebook Ads.

    Pertama, Kamu siapkan terlebih dahulu foto dengan kualitas baik terlebih dahulu, sehingga menggugah para pemirsa untuk mengklik iklan kamu.

    kedua, Kamu siapkan caption untuk iklan facebooknya, buatlah kalimat mengajak yang baik, tanpa memaksa namun mengundang orang untuk mencoba seperti "Jajanan ringan dengan kualitas bagus serta harga terjangkau."

    kemudian jangan lupa undang orang-orang untuk mengunjungi website mu, dengan mencamtumkan alamat website pada iklan.

    dan yang terakhir adalah penempatan iklan yang tepat. Jangan lupakan pula penempatan iklan yang mendukung mobile-friendly, jadi ketika iklan kamu di akses melalui smartphone, iklan ini masih berfungsi.

    #Ajak Para Pengikut Page Berinteraksi


    Dengan fitur pembaruan status kamu bisa membuat sebuah pertanyaan untuk para pengikutmu sehingga kamu lebih bisa berinteraksi dengan para calon customer. Kamu bisa memberikan sebuah pertanyaan berupa pertanyaan benar/salah, atau bisa dengan pertanyaan yang mudah dijawab.

    #Buat Contact Form


    Dengan kamu memberikan contact form pada facebook page, ini akan semakin mudah untuk para calon pembeli menghubungi kamu.

    #Pantau Aktivitas Halaman


    Dengan memantau aktivitas facebook page kamu melalui email notification, ini akan semakin mudah untuk kamu melakukan interaksi balik dari komentar atau umpan balik, serta menghapus spam yang mengganggu.


    c. Strategi Marketing melalui website/ blog


    Selain dari media social kamu juga bisa nih mempromosikan produk mu di blog yang kamu miliki, dengan bantuan SEO kamu bisa memperoleh customer melalui search engine, atau dengan backlink gratis yaitu dengan cara menshare konten-konten blog mu, kamu juga bisa nih mengaitkan url blog di facebook page dan instagram. Kamu bisa kunjungi DISINI untuk lebih jelasnya.


    4. Berikan Diskon Harga


    Kamu Juga bisa mendatangkan pengunjung yang membuat penjualan online mu meningkat dengan menggunakan startegi diskon. Siapa sih yang tidak suka dengan potongan harga? Ini merupakan cara efektif juga untuk meningkatkan omzet penjualan. 

    Kamu sebagai pemilik produk bisa memberikan diskon di saat ada kegiatan ataupun pada event-event tertentu, misal seperti menjelang ramadhan atau hari raya.

    Kamu juga bisa memberikan diskon dengan buy 2 get 1 dan potongan harga yang sudah kamu tentukan.


    5. Quality Service


    Dengan kamu memberikan pelayanan yang baik terhadap setiap para customer kamu, ini akan membuat kamu di percaya, dengan ini juga kamu membangun kredibilitas kamu di mata customer.

    Tidak hanya kualitas produk yang baik, strategi yang jitu, harga promosi, namun kamu juga harus memperhatikan para customer mu.

    Dengan memberikan pelayanan yang baik, ramah, responsif , dan bertanggung jawab, membuat pelanggan akan semakin percaya dan setia terhadap kamu dan produk kamu. Jadi selalu jaga kualitas layanan yang terpadu untuk para customer.


    Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan online, Insya Allah dengan menerapkan cara tersebut penjualanmu bisa meningkat. Jangan Lupa share juga ya artikel ini. Kalau serasa blog ini bermanfaat jangan lupa juga untuk subscribe.

    Latest posts