Manfaat Blog

    Manfaat Blog

    Pada zaman sekarang ini blog bukan hanya untuk personal saja, namun kini juga bisa digunakan untuk sarana memberi informasi dan bisnis.

    manfaat blog untuk penjualan

    Memulai bisnis pada zaman sekarang ini bisa kita dari mana saja. Dengan adanya internet berbagai jenis bisnis pun mudah di temui dan mudah di jangkau. Apalagi sekarang bisnis sudah merambah ke dunia online.

    Tentu membuat blog untuk berbisnis merupakan sebuah langkah yang bagus untuk kemajuan bisnis kamu.

    Apa sih blog itu ?

    Blog merupakan kumpulan artikel yang dimana katergori ditargetkan dari niche tertentu atau sebuah industri tertentu.

    Dalam melakukan blog ini kamu harus melakukan update yang di atur jadwalnya, menyediakan konten untuk mereka para pembaca blog setiamu dengan informasi atau penawaran yang terupdate.

    Dengan kemajuannya era teknologi membuat masyarakat semakin mudah menerima informasi, ini merupakan prospek menggiurkan bagi para pebisnis online. Memberikan keuntungan cepat dan tidak sulit untuk dilakukan. Dengan tersedianya berbagai platfrom yang bisa digunakan ini merupakan keuntungan lebih bagi para pebisnis online.

    Namun yang terkadang dilupakan oleh para banyak orang adalah BLOG. Ketika kata blog di sebutkan mereka berfikir bahwa blog itu hanya berisi artikel-artikel yang menarik saja.

    Padahal dengan menggunakan blog untuk berbisnis online kita bisa menaikkan pendapatan dan promosi dengan sendiri.

    Haruskah Memiliki Blog ?

    Kalau di tanya apakah harus ? maka saya jawab itu adalah kehendak yang memiliki bisnis, tapi saya sarankan lebih baik punya.

    Kenapa ?

    Dengan blog ini kamu bisa melakukan pemasaran produk kamu yang bisa dilakukan dengan membuat artikel yang berisikan tips, diskon, atau berita tentang industri yang baru.

    Pemasaran konten tersebut mulai banyak dilakukan saat ini untuk meningkatkan strategi SEO.

    Dengan menuliskan informasi berupa sebuah artikel yang sudah kamu analisa kata kunci nya agar sesuai target dan relevan dengan isi artikel, ini bisa meningkatkan peringkat di mesin pencari google, Suatu hal yang baik untuk mengenalkan bisnis kalian lebih luas bukan ?


    Manfaat Blog untuk Bisnis Online


    1. Memberikan Informasi dan Edukasi


    Dengan adanya Blog ini kamu bisa menulis artikel yang berisi sebuah pengalaman pribadimu, misal bagaimana kamu memulai berbisnis, ini akan memberikan para pelanggan mu sebuah informasi dan edukasi.

    Dari sinilah mereka akan sering berkunjung untuk membaca artikel yang berisikan pesan dan atau sebuah edukasi yang bisa menambah wawasan mereka.

    Tentu harus up to date.


    Selain kamu menjual produk, kamu juga berbagi ilmu kepada para pelangganmu, apalagi di zaman modern ini tidak ada kata terlambat untuk belajar karena zaman akan terus berkembang dan asupan ilmu selalu di butuhkan.


    2. Meningkatkan Customer Melalui Search Engine


    Dengan kamu membuat blog untuk bisnis mu, ini bisa menjadi senjata bagus untuk mencari pelanggan melalui search engine, bisa dari google, yahoo, atau bing. Tapi disini kamu harus belajar dahulu bagaimana cara agar konten kamu bisa terindex di google atau search engine lainnya. Kamu perlu menggunakan dan menganalisa kata kunci yang di gunakan untuk pembuatan konten blog mu.


    manfaat blog untuk bisnis online

    Jadi misal artikel konten kamu masuk page 1 google ini bisa menjadi ladang menarik para prospek untuk membeli produk kamu tentunya.

    Di tambah kalau kamu sering melakukan update artikel, karena search engine google suka dengan blog yang secara kontinyu mengupdate konten nya.

    Dengan konten artikel kamu juga bisa mendapatkan kemungkinan website kamu melakukan link kepada artikelmu jika kamu terus secara teratur melakukan pembaruan, update informasi terbaru kepada blog kamu.

    Kita bisa lihat di grafik perbandingan berikut, bahwa blog juga berpengaruh untuk meningkatkan jumlah pelanggan.


    3. Mempermudah Memperkenalkan Produk


    Selain blog mampu meningkatkan pelanggan manfaat lainnya adalah, sebagai sarana memperkenalkan produk-produk usahamu, misalkan kamu baru melaunching produk baru, Blog bisa sebagai sarana memperkenalkan produk barumu kepada masyarakat luas.

    Jadi kamu akan semakin mudah dalam memperkenalkan produkmu, di tambah lagi blog juga otomatis akan meletakkan posisi update terbaru pada homepage. Maka ini akan semakin baik tentunya untuk menemukannya.


    4. Sebuah Alat Promosi


    Dengan kamu memiliki blog kamu bisa melakukan promosi produkmu. Blog ini sangat berguna untuk alat promosi karena setiap artikel blog yang kamu post, kamu bisa menyisipkan produk kamu, atau istilahnya berjualan secara halus. 

    Dengan membuat artikel dengan gaya menjual secara-halus, meningkatkan para pembaca untuk terpengaruh membeli produk kamu. Dan ini bisa di lakukan di semua artikel.

    Apalagi pada saat ini banyak orang yang membaca di internet di bandingkan surat kabar, bahkan televisi pun sekarang mulai di tinggalkan meski tidak 100 %.Para pembaca akan mencari blog dengan bahasan yang menarik, jadi buatlah konten yang bisa menggugah minat baca para pengunjung. Ini merupakan sebuah terobosan atau kesempatan yang baik untuk memakai blog sebagai media promosi.


    5. Mempermudah Penggunaan Strategi Media Social


    Media social juga tempat yang bagus untuk menjunjung produk kamu.

    Berdasarkan riset, banyak orang menghabiskan waktunya di media social seperti, Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi.

    Namun akan terasa hambar jika kamu hanya melakukan promosi lewat media social saja, tanpa kamu memiliki sebuah konten yang unik.

    Jadi ketika kamu memiliki sebuah blog kamu bisa membuat konten yang unik untuk di share di media social kamu seperti facebook ataupun instagram. 

    Semakin banyak yang meng-share konten kamu tidak menutup kemungkinan orang-orang akan terus berkunjung ke blog kamu.


    6. Meningkatkan Kepercayaan Customer


    Kepercayaan merupakan hal penting dalam hal bisnis. kepercayaan ini berkaitan dengan seberapa dekat kamu dengan para pelangganmu, maka dengan kamu memiliki blog ini bisa memupuk kepercayaan pelanggan akan produkmu, karena blog memiliki sifat yang personal.


    Jadi, dengan apa yang kamu tulis akan terasa lebih personal tidak seperti penulisan di website toko online. Orang juga akan mudah mengingat kamu dan bisnis kamu.


    7. Mendapatkan Feedback dari Para Customer dan Prospek


    Apakah Feedback itu penting ?

    Ya, feedback sangat berperan penting dalam kelangsungan bisnis online kamu, dengan berbagai macam feedback dari para customer, kamu bisa menerima informasi untuk melakukan perubahan apa untuk kemajuan bisnis kamu tentunya.

    Dari blog ini lah kamu bisa mendapatkan feedback, karena blog mengedepankan komunikasi 2 arah.


    8. Mempermudah Komunikasi dan Transaksi


    Dengan memiliki sebuah blog yang tentunya bersifat personal ini, akan mempermudah para pengunjung atau customer melakukan komunikasi dan transaksi, dengan pelanggan meninggalkan komentar di blog meski admin blog sedang tidak aktif, tidak menutup kemungkinan orang lain akan menjawabnya. 

    Tentu ini akan mempercepat komunikasi bukan ? Para pelanggan juga bisa menggunakan contact untuk mendapat informasi lengkap dari admin.


    9. Konversi Rate yang Meningkat



    Saat kepercayaan orang terhadap kamu sudah terbangun maka secara otomatis tingkat konversi rate (Calon Pembeli Produk) akan menaik. Konversi rate ini bisa terjadi terhadap customer lama maupun customer baru produk kamu.

    Karena orang akan lebih suka membeli melalui orang yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas yang bagus. Dengan modern nya zaman sekarang ini orang lebih percaya situs blog daripada iklan tradisional. Banyak orang saat ini mengandalkan search engine untuk apa yang mereka inginkan.


    10. Tambahan Pemasukan Melalui Iklan


    Manfaat yang terakhir jika kamu memiliki blog adalah mendapat aliran dana tambahan dari iklan. Ketika blog sudah lama dan semakin berkembang dan menadapatkan visitor banyak, maka para produsen yang ingin mempromosikan produknya bisa menggunakan jasa blog.

    Sehingga pemasukan melalui iklan akan datang sendiri. Sebagai pemilik blog, artikel-artikel yang ada bisa di sisipkan berupa berbagai macam iklan dari para pemasangnya.

    Atau kamu juga bisa mengikuti program CPC ads , seperti google adsense.

    Google adsense ini sudah sangat terkenal akan program iklannya, semakin tinggi orang melakukan klik terhadap iklanmu semakin banyak pula pendapatan tambahan yang kamu raup.

    Itulah beberapa keunggulan blog untuk bisnis online kamu. Jadi pikirkan kapan kamu akan memulainya kalau tidak sekarang. 

    Rasanya sangat rugi untuk dilewatkan karena membaca adalah kegiatan yang hampir setiap orang melakukan.

    Latest posts